Home » , » Jenis Bensin Berdasarkan Nilai Oktan ( RON )

Jenis Bensin Berdasarkan Nilai Oktan ( RON )

Ditulis Oleh Unknown on Selasa, 11 Juni 2013 | 13.23


Jenis bensin biasanya diwakili dengan angka/nilai oktan (RON), misalnya Premium ber-oktan 88, Pertamax ber-oktan 92 dan Pertamax Plus ber-oktan 95.Semakin tinggi angka oktan belum tentu menghasilkan tenaga yang lebih tinggi juga. Karenanya untuk dianjurkan mengisi bensin sesuai nilai rasio kompresi (kecuali ada modifikasi lain).

Semakin tinggi nilai oktan, maka bensin semakin lambat terbakar (dikarenakan titik bakarnya lebih tinggi), sehingga bensin lebih sulit menguap (penguapan rendah). Bensin yang gagal terbakar (akibat oktan terlalu tinggi), bisa menyebabkan penumpukan kerak pada ruang bakar atau pada klep.

Standar penggunaan premium atau pertamax ataupun pertamax plus dapat dilihat pada range perbandingan kompresi dibawah ini :
  • Untuk kompresi 9,1 kebawah ( 9,0 - 8,9 - 8,8 dst ) memakai Premium
  • Untuk kompresi 9,1 - 10,0 menggunakan Pertamax
  • Untuk kompresi 10,1 keatas menggunakan Pertamax plus
Nah, sekarang sudah tahu bukan bagaimana menjaga keamanan mesin kendaraan dengan menggunakan jenis BBM. Kini apakah masih tetap memilih BBM tanpa melihat spesifikasi kendaraan ?

Berikut daftar bahan bakar motor sesuai rasio kompresi :

Spm Yamaha
  • Pertamax : Vega-R (9.3:1), Vega-ZR (9.3:1), Jupiter - Z (9.3:1),.Scorpio-Z (9.5:1) dan Scorpio (9.5:1).
  • Premium : Mio (8.8:1), Jupiter (9.0:1), F1ZR (7.1:1), RX-KING (6.9:1), YT 115 (7.2:1), RZR (7:01), Nouvo (8.8:1), Crypton (9.0 : 1), Yamaha Alfa (7.2 : 1), Yamaha RXZ (7.0 : 1). 
  • Pertamax Plus : Jupiter MX-135LC (10.9:1) dan Majesty 125 (11:01), menggunakan Pertamax Plus. 
  • Pertamax/Pertamax Plus : Vixion (10.4:1).

Spm Suzuki 
  • Pertamax : Shogun New FL125 Series (9.6 : 1), Shogun FD125 X (9,5 : 1), Spin 125 (9.6:1) dan SkyWave 125 (9.6 :1).
  • Premium. Pertamax : Satria FU (10.2:1) dan Thunder 125 (9.2 : 1)

Spm Kawasaki 
  • Pertamax : Kawasaki Blitz R 53 mm x 50.6mm 111 cc 9.3 : 1, Kawasaki Athlete 56 mm x 50.6mm 124.6 cc 9.8 : 1, dan Kawasaki Kaze 9.3 : 1. 
  • Pertamax Plus : Kawasaki Ninja 250 62 mm x 41.2mm 2x 250 cc 11.5 : 1 dan Kawasaki KLX 250 72 mm x 61,2mm 249cc 11 : 1 
  • Premium : Kawasaki Ninja RR 150 7.2 : 1.

Spm Honda 
  • Pertamax : Honda GL 100 52 x 49.5mm 105.1 cc 9.2 : 1, Honda GL Max 56.5 x 49.5mm 124.1 cc 9.2 : 1, Honda GL Pro 61.0 x 49.5mm 144.7cc 9.2 : 1, Honda Beat 125 9.2 : 1 dan Honda Scoopy 108 cc 9.2 : 1.
  • Pertamax Plus : Honda CS-1 58 x 47,2 mm 124.7 cc 10.7 : 1, Honda Vario 10, 7:1 dan Honda CBR 150 R 11:1.  
  • Premium : SPM Honda Supra 50.0 x 49.5mm 97.1 cc 8.8 : 1, Honda Tiger 63.5 x 62.2 mm 196.9cc 9.0 : 1, Honda Megapro 63,5 x 49,5 mm 156.7cc 9.0 : 1, Honda Supra PGM FI 52,4 x 57,9 mm 124.8cc 9.0 : 1, Honda Blade 50 x 55,6 mm 109.1 cc 9.0 : 1, dan Honda Absolute Revo 110 cc 9 : 1.
Share this article :

1 komentar:

  1. Eco Racing beLi Premium berasa pertamax plus.

    Info lanjud wa : 0813-2812-3737 / 0838-3838-390919

    *PENJELASAN ILMIAH*

    Ada Pertanyaan :

    _*"Bagaimana Penjelasan Ilmiahnya kok Eco Racing bisa menghemat BBM?"*_

    Jawaban :
    Butuh penjelasan panjang sebenarnya 😊

    Penghematan BBM dengan Eco Racing pada dasarnya hanyalah efek dari pembakaran yg sempurna.

    Pembakaran yang sempurna terjadi jika BBM memiliki padanan *RON* (Reserch Octane Number) yg sesuai dg *Compression Ratio* kendaraan.

    Tabel
    Kompresi RON
    8,1:1-9,0:1 88
    8,6:1-9,5:1 90
    9,1:1-10,0:1 92
    10,1:1-10,7:1 95
    10,8:1-11,5:1 96
    Semakin tinggi KOMPRESI MESIN semakin tingggi kebutuhan RON

    Kendaraan dari tahun 2009 rata-rata sdh memiliki Kompresi mesin yg tinggi minimal 9,1:1 bahkan 11,1:1 dst. Jd butuh BBM dg RON tinggi.

    *Nah Masyarakat kurang memahami hal ini* sehingga masih saja menggunakan BBM oktan rendah bahkan BBM subsidi.

    Contoh Mobil Avanza Rasio Kompresinya mesin 11,0:1 maka idealnya membutuh RON minimal 96-98 . Jika dipaksa menggunakan BBM RON lebih rendah maka akibatnya *Knocking*.

    *Knocking* adalah terbakarnya campuran bensin dan udara di ruang bakar karena tekanan piston sebelum mendapat percikan api dari busi. (Terbakar terlalu cepat sebelum waktunya). Istilah lain Knocking itu _MBREBET_

    *Efek dari Knocking :*
    - Boros BBM
    - Tenaga Loyo
    - Mesin berkerak
    - Oli cepat kotor
    - Polusi
    - Piston jebol
    - Turun mesin

    *Manfaat Eco Racing*
    - Mampu meningkatkan 5-10 RON.
    - Menghilangkan Knocking.
    - mampu menghemat sampai 50% lebih.
    - Power dan torsi meningkat.
    - Membersihkan kerak.
    - Melindungi mesin dg Nano Teknologi.
    - Menghilangkan polusi CO hingga 100%.

    Jadi Eco Racing memberikan solusi *Jalan Tengah* meski kebanyakan Masyarakat masih memilih BBM Murah dg RON rendah atau subsidi, seperti Bensin RON88 jika dicampurkan Eco Racing RON meningkat jadi 93 agar tdk Knocking.

    Begitupun jika Eco Racing dicampur BBM RON 90 maka hasilnya RON 95.

    Jadi....
    *Cek Jenis kendaraan*
    *Cek Kompresi*
    *Sesuaikan penggunaan eco racing agar mendapat RON yg tepat*

    Standart sistem kerjanya begitu.
    Jika diluar standart maka perlu di lihat kondisi mesin lainnya.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Kampoeng JAVA
Copyright © 2013. Kampoeng JAVA - All Rights Reserved
Template Created by Mas Template Edit by Kampoeng JAVA
Proudly powered by Blogger